Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Agar santri hidup sehat

1 min read

Manggisan.org – Agar santri hidup sehat

Sehat, dihimpun dengan melakukan perbuatan suci atau bersih. Karena penyakit banyak bersarang di tempat-tempat yang kotor, maka dari itu saya sarankan santri banyak melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak mengotori pondok dan juga jangan sampai meninggalkan sholat lima waktu, karena sholat memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Rosulullah melihat Abu Hurairoh dalam kondisi tidur dan sepertinya merasakan sakit perut. Rosulullah bersabda “ Wahai Abu Huroirah apakah perutmu sakit?” Abu Huroirah menjawab “Benar ya Rosulullah”. Rosulullah bersabda:

قُمْ فَصَلِّيْ فَإِنَّ الصَّلَاةَ شِفَاءٌ

“Berdirilah! Kemudian sholatlah sesungguhnya dalam sholat terdapat obat. (H.R Ibnu Majah No. 3.585)

Hasil penelitian dunia kodekteran modern menunjukkan manfaat lain dari sholat, yang mengobati berbagai penyakit, salah satunya: Varises (kelainan pada urat).Agar santri hidup sehat

Secara definitive penyakit ini dapat di artikan sebagai kelainan urat-urat kaki yang di tandai dengan munculnya urat-urat kasar, berkelok-kelok dan di penuhi dengan darah ujung kaki bagian belakang. Varises merupakan penyakit yang hanya menyerang manusia. Menurut penelitian medis sampai saat ini belum di temukan penyebab pasti timbulnya penyakit ini. Namun setidaknya ada tujuh faktor yang dianggap sebagai penyebab utama timbulnya penyakit ini. Diantaranya adalah kegemukan, gangguan pasa sirkulasi darah, gangguan hormon dan pengaruh lingkungan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr.Taufik ulwan, sholat ternyata bisa mencegah varises. Survey membuktikan bahwa 10% penderita varises merupakan orang-orang yang rajin menjalankan sholat, sedangkan penderita yang tidak pernah melakukan sholat mencapai 90%. Menurutnya, hal ini dikarenakan beberapa sebab antara lain:

  1. Gerakan-gerakan sholat yang istimewa mampu memperkecil tekanan pada dinding-dinding yang lemah bagi urat-urat kaki bagian luar.
  2. Sholat mempu mengaktifkan kerja pemompaan urat-urat bagian samping sehingga meringankan tekanan pada urat-urat bagian luar.
  3. Gerakan sholat bisa memperkuat dinding urat yang lemah melalui peningkat zat-zat makanan pembangun tubuh untuk pembentukan organ-organ tubuh.
  4. Sholat sangat berperan memperlancar aliran darah sehingga akan memperkuat dinding urat nadi yang lemah.

Dari uraian diatas dapat ditarik benang merah, bahwa selain bernilai ibadah. Sholat juga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Sebagai amal ibadah yang proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Ia disertai, dengan gerakan-gerakan yang sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khas tubuh) ketika dilakukan dengan tenang, santai, dan penghayatan makna-makna didalamnya, maka sholat sangat cocok sebagai nutrisi untuk semua kalangan tanpa membedakan usia. Ia tidak berisiko mencederai tubuh, bahkan menyehatkan.

 

By: Muhammad Taufik, bilik Pytagoras, Santri Fatihul Ulum Manggisan.

Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *