Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Bacalah (Iqra’)

54 sec read

Manggisan.org – Bacalah (Iqra’)

Coba kita ambil hikmah dari wahyu pertama surat Al-Alaq yang di turunkan oleh ALLAH SWT melalui Malaikat jibril untuk baginda Nabi Muhammad SAW, yang mana ayat pembukaan tersebut tercantum lafadz “Iqra’” yang artinya “ Bacalah ”. Dari sini sudah tampak bahwa kita di perintahkan untuk membaca. Sesungguhnya dengan membaca kita akan banyak mengetahui pengetahuan yang baru serta meningkatkan daya fikir kita.

Memang membaca bukan merupakan kewajiban bagi semua makhluk (manusia). Tetapi, dengan membaca akan membuahkan kemajuan dalam diri kita.

Kita ambil pelajaran membaca dari sesosok orang yang tersohor pada zamannya. Bahkan namanya pun masih terasa harum sampai saat ini serta pernah menjadi presiden ke-4 di repulik Indonesia. Beliau akrab di panggil Gus Dur dengan nama lengkap Abdurrahman Wahid. Beliau berbakat dalam bidang menulis. Rahasia Gus Dur dalam bakat menulis tersebut, Gus Dur gemar sekali membaca. Kabarnya sudah ribuan buku yang telah beliau baca. Dengan membaca tersebut Gus Dur menjadi seorang penulis yang sangat terkemuka. Memang saya katakan sebagai garis besar bahwa “membaca itu perlu”.

Di perpustakaan pondok pesantren saya misalnya (Fatihul Ulum Manggisan) bahwasanya kebanyakan dalam lampiran pertama sesudah cover tertulis bacaan “iqra” pada pojok atas. Dari sini sudah tampak akan keperluan membaca yang merupakan suatu anjuran yang tidak boleh di tinggalkan.

Namun anehnya, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui keunggulan terhadap membaca. Apalagi bagi pelajar dan santri. Padahal membaca sangatlah penting. Saya sarankan bagi pembaca karangan ini khususnya, agar tidak meremehkan keperluan membaca sebab membaca itu sangat lah penting.

 

By: Fathul Qorib, Bilik Gozali, Santri Fatihul Ulum Manggisan.

Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *