Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Maraknya islam KTP

1 min read

Manggisan.org – Maraknya islam KTP

Islam adalah agama yang di benarkan oleh ALLAH. Mayoritas di Indonesia beragama islam. Yang di namakan beragama islam itu bukanlah hanya mengucapkan kalimat syahadat, tapi juga harus melakukan rukun – rukun islam yang lain dan harus beriman kepada yang enam, yaitu:

*Rukun-rukun islam:

  1. Membaca dua kalimat syahadat
  2. Mengerjakan sholat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Berpuasa di bulan romadhon
  5. Naik haji bagi orang yang mampu

*Rukun-rukun iman:

  1. Iman kepada ALLAH
  2. Iman kepada malaikat ALLAH
  3. Iman kepada kitab-kitab ALLAH
  4. Iman kepada para Utusannya ALLAH
  5. Iman Kepada hari Kiamat
  6. Iman kepada qodho’ dan qodar dari ALLAH

Selain itu, juga menjalankan Sunnah rosul dna mengetahui hokum-hukum islam yang banyaknya ada 5 (haram, wajib, Sunnah, makruh, mubah) agar kita bisa melangkah di jalan yang benar (menjalani perintah ALLAH dan menjauhi larangannya).

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama islam, tapi keislamannya tidak sempurna, banyak yang mengaku-ngaku sebagai umat islam, tapi itu hanya di lisan, bukan di hati. Status KTP beragama islam, tapi tidak sama dengan kenyataannya. Kita beragama islam bukan hanya mengikuti nenek moyang atau orang lain, tapi kita harus beragama islam dengan niatan hati dan keyakinan yang mantap.

Hidup hanyalah satu kali, kita harus mempergunakan waktu yang telah di berikan Allah dengan sebaik mungkin, jangan sampai waktu berputar dengan sia-sia. “Lakukan apa yang di perintahkan Allah dan jauhi apa yang dilarangnya”. Kita sebagai umat muslim jangan lah mudah terpengaruh oleh agama lain. Sebenarnya orang nonmuslim itu menjajah agama kita, hanya saja kita tidak sadar. Mereka menjajah kita dari segi adat dan kebudayaan (cara berpakaian), khususnya bagi kaum hawa, rata-rata 50% nya menyimpang aturan islam (membuka aurotnya).

Seharusnya kita bangga menjadi kaum muslimah, lebih-lebih kepada remaja-remaja masa kini. Kita harus melestarikan jilbab / pakaian islami, untuk menutup aurat. Dan di balik kewajiban berjilbab (menutup aurat), kita lebih terlihat anggun dan menawan, dari pada yang menggumbar auratnya.

“Apakah kalian malu, jika penampilannya tidak sama dengan teman-temannya…???”

Janganlah kita merasa gengsi ataupun tidak PD (percaya diri) dalam menutup aurat!, tapi terkadang juga ada yang berjilbab hanya mengikuti zaman saja/hanya mengikuti model hijab yang ngetren dimasa kini (hanya sebatas ingin tampil beda, bergaya, takut kalah saing dengan yang lainnya). Percuma berjilbab, jika tidak diniati menutup aurat/Lillahi ta’ala. Malu didunia itu tidak ada gunanya, kelak diakhirat kita akan merasakan penyesalan atas semua yang telah dilakukan selama didunia.

Maka intinya adalah :

“Jadilah kita seorang muslim/muslimah sejati!, jangan hanya menjadikan “islam” sebagai status di KTP, tapi buktikan….!!!.

  1. Berniatlah dalam hati ….!
  2. Ucapkan dengan lisan …..!
  3. Laksanakan dengan jiwa dan raga….!

Itulah kuncinya…

Sekian.

 

By: Siti Nur Laylatul Ahada, Asrama B1, Kelas XIc, Santri Putri Fatihul Ulum Manggisan.

Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *