Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Menggapai cita-cita

2 min read

Manggisan.org – Menggapai cita-cita

Dalam menjalani kehidupan, manusia tidak bisa terlepas dengan adanya cita-cita dan tujuan hidup mereka. Cita-cita sendiri merupakan suatu spirit yang sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Apa cita-cita Anda? Ingin menjadi dokter? Ingin menjadi tentara? Atau hanya ingin menjadi orang sukses? Keinginan tersebut terbentuk dalam diri yang tercipta dari bakat serta potensi terpendam manusia.

Memiliki cita-cita boleh dikatakan sebagai nilai lebih seseorang. Karena dengan cita-cita, mereka akan memiliki motivasi serta semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupan. Bayangkan bila Anda tidak punya cita-cita, menjalani kehidupanpun akan terasa sangat monoton dan membosankan dan terasa tidak semangat sama sekali karena tidak punya target untuk kehidupannya.Menggapai cita-cita

Keutamaan lain adalah membuat arah dan tujuan kehidupan semakin jelas, kita akan tahu bagaimana caranya berusaha dan mengapa kita melakukannya. Selain itu cita-cita akan membantu dalam melatih mental dan niat kita, karena dalam meraih cita-cita pastilah banyak tantangan dan ujian yang harus dilewati.

Meskipun begitu, dalam meraih nya yang diinginkan tidaklah mudah. Fakta membuktikan bahwa hanya sekitar 25%, presentase manusia yang mampu dan sukses meraih yang mereka inginkan. Kebanyakan diantara mereka banyak yang gagal ditengah jalan. Penyebab kegagalannya mereka adalah karena faktor keluarga, ekonomi, lingkungan, pendidikan, serta mentalitas.

Sedangkan bagi mereka yang mampu dan sukses menggapai cita-cita, adalah karena mereka berusaha berkerja dalam memujudkan cita-citanya. Bukan hanya bermalas-malasan serta mengandai-andai, melainkan dengan usaha, niat, kerja keras, serta keberuntungan hingga mampu meraih apa yang diinginkan.

Bagi Anda yang ingin seperti itu, berhasil dalam menggapai cita-cita dan juga kesuksesan didunia ini. Simaklah tips caranya dibawah ini.

1. Jangan Puas Terlebih Dahulu

Ketika Anda berhasil dalam langkah kecil mewujudkan cita-cita, janganlah bersikap puas terlebih dahulu. Kepuasaan yang terlalu dini hanya akan membuat kita terlena dalam kesuksesan dan melupakan tujuan yang sebenarnya. Selain itu dengan tidak puas terlebih dahulu akan menjaga dan menumbuhkan cita-cita dalam diri Anda.

2. Mengetahui Bakat dan Potensi

Ketahui bakat terpendammu, apa yang menjadi potensi dalam dirimu. Karena hal tersebut akan menjadi senjata yang ampuh dalam meraih cita-cita yang kamu inginkan.

3. Melatih Kemampuan Diri

Kemampuan yang kamu miliki janganlah disia-siakan, latih dan asah hingga menjadi tajam. Kelak kemampuanmu lah yang akan mejadi penentu dalam mewujudkan cita-citamu.

4. Mengembangkan Kepribadian

Kembangkan kepribadian Anda untuk menjadi yang lebih baik lagi, orang yang sukses adalah orang yang mau dan berusaha untuk menjaga kepribadian yang baik, dan mau untuk mengembangkannya sampai dirinya benar-benar telah mampu untuk mewujudkan cita-citanya.

5. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan meraih cita-cita. Itulah mengapa Anda perlu meningkatkan ilmu pengetahuan yang Anda miliki. Dengan ilmu pengetahuan yang tinggi akan membantu Anda dalam meraih cita-cita.

6. Berpikir Maju dan optimis

Banyak orang yang merasa bahwa dirinya adalah yang terbaik diantara yang lain, perspektif semacam itu harus dihilangkan. Kuatkan keyakinan Anda dan selalu berhati-hati dan selalu berfikir optimis dalam apa yang anda inginkan.

7. Jangan Menyerah dan selalu mencoba

Orang yang menyerah tidak akan pernah berhasil dalam apa yang diinginkannya. Janganlah menyerah dan selalu mencoba meskipun pernah gagal. Bisa jadi kegagalan tersebut adalah keberhasilan yang tertunda. So, Don’t be hopeless, never try never know.

8. Berdoa

Teruslah berdoa dan minta petunjuk dari tuhan Yang Maha kuasa. Manusia hanya bisa berusaha dan berencana dan tuhanlah yang menentukannya.

Demikianlah bagaimana cara dalam meraih cita-cita yang diinginkan. Memang benar bahwa meraih apa yang kita inginkan didunia ini tidaklah mudah, dibutuhkan kerja keras, niat, serta usaha dan doa. Jika Anda sudah secara teratur mempraktekkan cara diatas, Anda akan semakin dekat dengan cita-cita yang diinginkan.

By: Santri Fatihul Ulum Manggisan

Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *