Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Pena Umat

1 min read

Manggisan.org – Pena Umat

Pada zaman Jahiliyah, dia digunakan untuk menghasilkan karya-karya besar dan hebat. Bukan hanya orang kaya dan raja-raja yang dapat menggunakannya. Orang biasa pun juga dapat menggunakannya. Apabila dia digunakan oleh orang yang salah maka akan berakibat fatal dan sebaliknya. Apabila dia dimanfaatkan sebaik mungkin maka insyaallah akan bermanfaat bagi semuanya. Dia di negara arab disebut “قَلَمٌ“(Pena).

Pena zaman jahiliyah digunakan oleh orang banyak seperti orang islam, orang yahudi, nasrani dan orang yang tidak mempunyai agama, orang-orang tersebut menggunakannya untuk berdakwah ke negara sendiri maupun negara lain.

Pena dapat mengakibatkan banyak hal seperti peperangan, pembunuhan, perdamaian dan ketentraman, di zaman modern seperti sekarang pun masih ada yang berdakwah dengannya (pena) seperti contoh orang islam, orang yahudi dan lain-lain. Akan tetapi penggunaan pena di Indonesia pada saat ini sedikit menurun di karenakan teknologi saat ini lebih jauh modern dari pada penggunaan pena tersebut. Sekarang beberapa orang memanfaatkannya untuk mencari kebutuhan hidup dengan membuat karya-karya seperti cerpen, novel, puisi, opini, dan lain-lain.Pena Umat

Di beberapa daerah masih banyak yang belum tahu apa kegunaan pena yang sesungguhnya. Sebagian anak muda tidak percaya bahwa dia akan berhasil. Dikarenakan mereka selalu berfikiran negatif seperti “Saya bisa, tapi belum tentu saya berhasil”. Dan sebagian lagi, ada yang berfikiran positif seperti “Saya bisa dan saya harus berhasil”. Oleh karena itu dia menghasilkan karya-karya yang hebat.

Ada satu hal lagi yang membuat anak muda tidak bisa atau tidak percaya bahwa dia akan berhasil yaitu karena fasilitasnya masih tidak bisa atau masih terbatas.

Oleh Karena itu, semoga kalian (si pembaca) bisa termotivasi akan karya ini dan semoga karya ini di ridhoi oleh ALLAH swt. Aamiin.

 

By: Abdur rohman, Kelas XI MA, Bilik Khowarizmi, Santri Fatihul Ulum Manggisan.

Redaksi Manggisan.ORG Situs www.manggisan.org adalah media online yang dikelola oleh santri FATIHUL ULUM Manggisan. Artikel tidak mencerminkan sikap resmi Pondok Pesantren Fatihul Ulum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *